RENUNGAN HARIAN LANJUT USIA
" MANFAAT HIKMAT "

Karena oleh [hikmat] umurmu diperpanjang, dan tahun-tahun hidupmu ditambah.
(Ams. 9:11)


Di padang gurun Mojave, konon ada seseorang yang sering kali melintasi sebuah kota tua yang terbengkalai. Kota itu dulunya dibangun di dekat pertambangan emas. Ketika emas di situ sudah habis, tidak ada lagi alasan orang-orang untuk tinggal di situ. Mereka sudah mengambil apa yang mereka perlukan, lalu mereka pun pergi. Kota itu menjadi seperti kota hantu. Kosong dan terbengkalai. Kemudian orang itu berjalan terus ke arah hutan. Di hutan itu ia melihat ada pohon-pohon yang rebah. Pohon yang rebah membuka ruang di antara pepohonan, sehingga sinar matahari menerobos ke tanah. Batang pohon yang rebah itu akan menjadi rapuh, namun terbuka sebagai tempat banyak macam tumbuhan dan serangga untuk hidup. Orang itu belajar bahwa usia senja kita tergantung pada bagaimana kita hidup. Kita bisa berakhir bagaikan kota yang terbengkalai, atau bagaikan pohon yang terus memberi manfaat bagi kehidupan yang lain, bahkan walaupun ia telah rebah.


Sahabat Lansia, apakah gunanya kita berumur panjang, jika kita bagaikan kota yang terbengkalai itu? Amsal menyatakan, karena hikmat, umur kita diperpanjang, dan tahun-tahun hidup kita ditambah. Orang yang hidup dengan hikmat bagaikan pohon yang rebah itu. Ia terus hidup di dalam kehidupan yang lainnya.


Doa

Bapa di Surga, berilah kami hikmat dalam menjalani kehidupan kami, sehingga hari-hari dan tahun-tahun kehidupan kami tidak berlalu begitu saja, melainkan tetap selalu menjadi berkat bagi sesama. Amin.


Bahan: Jendela Hati, YKB Sinode GKI

KEGIATAN RUTIN KOMISI SENIOR (LANJUT USIA)

☐ Pimkris Bahasa Indonesia, tiap Senin minggu pertama, pk. 10.00-12.00

☐ Pimkris Bahasa Inggris, tiap Selasa minggu kedua, pk. 09.00-10.00

☐ Latihan Paduan Suara “Shalom”, tiap Selasa, pk. 10.30-11.30

☐ Latihan Kolintang “Shalom”, tiap Selasa, pk. 12.00-13.00

☐ Senam kebugaran, tiap Rabu, pk. 07.00-08.00

☐ PA Senior, tiap Jumat minggu kedua pk. 10.00-12.00

☐ Pertemuan Rutin Senior & Pemeriksaan tensi darah, tiap Sabtu minggu ketiga/keempat