RENUNGAN HARIAN REMAJA
" SAAT DIKECEWAKAN "

“Berapa lama lagi kamu menyakitkan hatiku, dan meremukkan aku dengan perkataan?”

Ayub 19:2


Teens, kamu mungkin pernah mendengar istilah “menyalahkan korban” (blaming the victim). Istilah itu diungkapkan oleh William Ryan, tahun 1971. Sederhananya, ungkapan itu mau bilang bahwa korban atas sesuatu yang buruk justru menjadi pihak yang disalahkan. Contohnya, korban pelecehan seksual yang disalahkan karena dianggap berpakaian menggoda. Padahal, dia justru korbannya, betul nggak?


Ayub mengalami penderitaan yang luar biasa dan sahabat-sahabatnya datang untuk menghiburnya. Tetapi, bukannya menghibur Ayub, para sahabatnya malah meminta Ayub untuk mengakui dosa dan kesalahannya di hadapan Tuhan. Sebab, dalam pemahaman orang Yahudi, tidak mungkin seseorang ditimpa malapetaka jika ia tidak berdosa kepada Allah. Ayub ditimpa malapetaka yang sangat besar, itu berarti dosa Ayub juga sangat besar. Di sinilah Ayub membela dirinya karena ia memang tidak melakukan dosa tersebut. Ayub kecewa terhadap sahabat-sahabatnya yang memojokkan dia. Saat dikecewakan para sahabatnya, Ayub tetap percaya bahwa Allah akan menolongnya. “Tetapi aku tahu: Penebusku hidup …,” kata Ayub (ay. 25). Di akhir cerita, Allah sendiri datang dan memulihkan keadaan Ayub. Bahkan, Allah meminta Ayub untuk mendoakan para sahabatnya karena Allah sendiri murka kepada mereka. Ayub pun mendoakan mereka.


Teens, terkadang sahabat kita mengecewakan kita. Namun, tetaplah bersandar kepada Tuhan seperti Ayub. Dikecewakan oleh seseorang yang kita harapkan menolong kita saat mengalami kesulitan memang sangat menyakitkan. Tetapi, seperti Ayub, percayalah pertolongan Tuhan pasti nyata pada waktu yang tepat. Oleh karena itu, meskipun sahabatmu mengecewakanmu, jangan berhenti berharap kepada Tuhan. Jangan berhenti juga untuk berdoa bagi sahabatmu. Seperti Tuhan memulihkan keadaan Ayub, Tuhan pasti memulihkan setiap orang yang bersandar kepada-Nya meski ia dikecewakan sahabatnya.


Bahan: Teen for Christ, YKB Sinode GKI

PENGURUS KOMISI REMAJA

Ketua : Louisa Servine Kristi

Wakil : Arian Wandik

Sekretaris : Alexander Edward Theodorius

Bendahara : Priscilla Regina Silaen

Kebaktian : Jesstyne Novelyne Keweng

Multimedia : Kimberly Graciana Krisnawan, Gwina Raquel Theresia

Musik : Silven Yonathan, Alexander Dane Chandra, Yohana Christy Natalia Simamora

KEGIATAN RUTIN KOMISI REMAJA

☐ Latihan Musik setiap hari Minggu ⌚10:00-12:00