RENUNGAN HARIAN REMAJA
" Bullying "

“Masakan orang ini dapat menyelamatkan kita!” Mereka menghina dia dan tidak membawa persembahan kepadanya. Tetapi ia purapura tuli.

(1 Samuel 10:27)


“Ndut, mau ke mana? Tambah gendut aja lo, makan melulu, sih!” “Aduh, si item lewat!” “Bol… Cebol, punya badan pendek banget!” Kamu pernah nggak mendengar, memanggil, atau dipanggil dengan julukan- julukan seperti itu? Gendut, kurus, keriting, jelek, si tonggos, dan berbagai julukan lainnya. Apa yang kamu rasakan ketika memanggil temanmu dengan julukan itu? Mungkin, kamu merasa baik-baik saja dengan menyebut mereka demikian. Ketika mereka marah, mungkin kamu akan berkata, “Yaelah becanda doang, kok! Dasar baper! Udahlah, jangan lebay!” Mungkin juga kamu berkata, “Orangnya juga nggak marah kok, dipanggil dengan julukan seperti itu!” Apa pun alasannya, pertanyaan pentingnya adalah apakah mereka senang dengan julukan yang kamu berikan? Janganjangan mereka terlihat baik-baik saja, tetapi hati mereka terluka; mereka sedih, kecewa, dan marah, bahkan mungkin sekali membenci dirinya karena julukan yang kamu berikan. Sadarkah kamu bahwa memberi julukan termasuk bullying?


Raja Saul juga pernah di-bully pada masa awal pemerintahannya. Banyak orang meragukan kemampuannya. Mereka mengolok-oloknya dan berkata bahwa orang seperti Saul tidak akan mampu menyelamatkan mereka dalam peperangan dengan bangsa lain. Mereka menolak kehadirannya dengan tidak memberikan persembahan. Apakah Saul tidak mengetahui ejekan orang-orang kepadanya? Ia tahu, tetapi ia dengan sengaja pura-pura tidak mendengar. Pura-pura tidak mendengar bukan berarti bahwa ia baik-baik saja. Pura-pura tidak mendengar menjadi usaha Saul untuk tetap bertahan. Padahal, hatinya tentu tersakiti dengan tindakan orang-orang di sekitarnya.


Teens, setop bullying kepada sesama! Ingat, meski kamu tidak melakukan bullying, namun jika kamu membiarkan atau diam saja ketika orang lain di-bully, itu berarti kamu setuju dengan bullying. Belajarlah menghentikan bullying! Tuhan mengasihi seluruh ciptaan-Nya. Menyakiti manusia ciptaan-Nya, berarti menyakiti Tuhan juga.


Bahan: Teen for Christ, YKB Sinode GKI

PENGURUS KOMISI REMAJA

Ketua : Louisa Servine Kristi

Wakil : Arian Wandik

Sekretaris : Alexander Edward Theodorius

Bendahara : Priscilla Regina Silaen

Kebaktian : Jesstyne Novelyne Keweng

Multimedia : Kimberly Graciana Krisnawan, Gwina Raquel Theresia

Musik : Silven Yonathan, Alexander Dane Chandra, Yohana Christy Natalia Simamora

KEGIATAN RUTIN KOMISI REMAJA

☐ Latihan Musik setiap hari Minggu ⌚10:00-12:00