RENUNGAN HARIAN REMAJA
" AGENDA LAIN "

Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

1 Yohanes 4:10


Cinta manusia itu biasanya egois, ujung-ujungnya diri sendiri. Mengapa kamu suka seseorang? Bukankah biasanya karena ia memiliki sesuatu yang menguntungkan dirimu? Cakep, baik, perhatian, menyenangkan. Buat siapa semua “traits” itu? Kalau mau jujur, ya ujung-ujungnya buat diri kita sendiri. Ada agenda lain di balik kasih atau kebaikan kita. Saat dewasa kelak, barulah kita sadar bahwa cinta sejati itu teruji dalam hal ini: ketika hal-hal yang “menguntungkan” itu sudah tidak ada lagi. Atau, ketika hal-hal yang kita harapkan itu ternyata sudah lebur.


Kita kerap berpikir bahwa kita mengasihi Allah. Padahal, kalau mau jujur, kasih kita kepada Allah itu banyak muatan kepentingan diri. Namun, coba renungkan perkataan Yohanes: bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita. Bahkan, kasih Allah itu menjadi sangat besar ketika Ia memutuskan untuk mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. Allah telah menunjukkan kualitas kasih-Nya dengan cara memberikan apa yang dicintai-Nya. Kepentingan kitalah yang menjadi fokus dan agenda-Nya. Oh, di bawah kolong langit ini tidak ada kasih seperti itu! Tak ada satu pun yang dapat menandingi kasih Allah! Luar biasa!


Kualitas kasih dari Allah seharusnya menular kepada kualitas kasih kita kepada sesama sebagai tanda hidup baru. Coba kita renungkan, kualitas kasih macam apa yang kita tunjukkan kepada sesama kita: orangtua, guru-guru, saudara, dan teman-teman? Apakah kasih yang “ujung-ujungnya” untuk kepentingan kita? Tentu saja untuk memiliki kualitas kasih ini tidak terjadi dalam semalam. Karena itu, mulailah dengan jujur memeriksa diri, motivasi-motivasi terselubung yang mungkin ada, mempelajari reaksi-reaksi yang muncul ketika ekspektasi tidak kesampaian, dan lain-lain. Lalu, latihlah diri kita untuk tidak memfokuskan pada apa yang kita terima, tetapi pada apa yang kita berikan kepada Tuhan.


Bahan: Teen for Christ, YKB Sinode GKI

PENGURUS KOMISI REMAJA

Ketua : Louisa Servine Kristi

Wakil : Arian Wandik

Sekretaris : Alexander Edward Theodorius

Bendahara : Priscilla Regina Silaen

Kebaktian : Jesstyne Novelyne Keweng

Multimedia : Kimberly Graciana Krisnawan, Gwina Raquel Theresia

Musik : Silven Yonathan, Alexander Dane Chandra, Yohana Christy Natalia Simamora

KEGIATAN RUTIN KOMISI REMAJA

☐ Latihan Musik setiap hari Minggu ⌚10:00-12:00