RENUNGAN HARIAN PEMUDA
" COPY & PASTE "

1 Raja-raja 16:1-7

…tetapi engkau hidup seperti Yerobeam dan mengakibatkan umat-Ku Israel berbuat dosa, sehingga mereka membangkitkan murka-Ku dengan dosa mereka. Karena itu, sesungguhnya Aku akan menyapu bersih Baesa dan keluarganya.
(1 Raj. 16:2-3)


Copy & Paste. Semula istilah ini merupakan istilah teknis dalam dunia komputer yang merujuk kepada teknik pengetikan naskah. Copy adalah sebuah perintah untuk menyalin atau menggandakan sebuah naskah, sementara paste adalah perintah untuk meletakkan atau menimpa naskah yang sebelumnya disalin atau digandakan tersebut. Namun demikian, istilah copy & paste ini kemudian mendapatkan perluasan makna di dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada kegiatan yang dengan sengaja diulangi, seperti menyalin program kerja ataupun anggaran biaya suatu proyek.


Dalam sejarah Israel, tindakan copy & paste ini sayangnya bersifat destruktif yakni dengan melakukan dosa di hadapan Allah. Sejak Israel dipimpin oleh Yerobeam yang melakukan penyembahan kepada ilah lain, keturunannya pun tidak luput dari dosa. Nadab, anak Yerobeam, memerintah selama dua tahun menggantikan ayahnya. Namun, ia tidak lebih baik dari ayahnya. Lantas, Baesa merebut takhta kerajaan dengan membunuh Nadab. Singkatnya, Baesa pun mengikuti jejak Yerobeam dan melakukan apa yang berdosa di hadapan Tuhan. Tuhan pun murka kepadanya dan menyapu bersih keluarganya.


Youth, budaya menyalin dan mencontoh tentu tidak asing lagi dalam kehidupan anak muda, baik dalam lingkup studi ataupun pekerjaan. Namun demikian, budaya ini pun bisa bersifat destruktif jika yang dicontoh adalah perilaku buruk dan korup. Sejarah Israel menggambarkan bahwa kebiasaan buruk dan destruktif ternyata bisa di-copy bahkan dilakukan turun temurun. Waspadalah, jangan sampai hal-hal tersebut terjadi juga dalam keseharianmu.


1. Apa yang dilakukan Baesa sehingga menimbulkan murka Allah?
2. Budaya korup dan destruktif apa yang populer dicontoh para pemuda?

Pokok Doa: Hikmat dan keberanian tidak mencontoh keburukan.


Bahan: Youth for Christ, YKB Sinode GKI

KEGIATAN RUTIN PEMUDA

Update informasi untuk kegiatan Komisi Pemuda dapat diakses melalui media sosial IG: @youthpasteur.



Nasihat untuk mencari hikmat (Amsal 4:1-27)

" Dengarkanlah, hai anak-anak, didikan seorang ayah, dan perhatikanlah supaya engkau beroleh pengertian. ..."

Teruskan membaca
IBADAH PEMUDA & REMAJA
Minggu, 10 April 2022
YOUTH CHRISTIAN SONGS
Worship song