RENUNGAN HARIAN PEMUDA
" MENCUKUPKAN DIRI "

Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.

(Flp. 4:11)


Youth, pernahkah Anda mengalami gaji yang Anda dapatkan tidak cukup untuk memenuhi keinginan Anda? Semua orang mungkin pernah mengalaminya. Istilahnya, besar pasak daripada tiang. Jika hal itu terus terjadi, hidup kita akan sangat sulit. Makin tinggi penghasilan, makin tinggi pula keinginan. Jadi, letak persoalannya bukan pada gaji, tetapi pada sikap hati yang tidak bisa merasa puas.


Paulus sangat mengucap syukur, bahkan ia begitu bersukacita atas perhatian dan pemberian jemaat di Filipi. Apa yang mereka upayakan untuk Paulus sangatlah berarti baginya. Sebagai seorang pelayan Tuhan, Paulus sebenarnya selalu memilih untuk tidak menadahkan tangannya. Ia bekerja sebagai tukang kemah untuk memenuhi kebutuhannya (Kis. 18:3). Ia selalu belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. Paulus memahami bahwa tidak ada keinginan yang benar-benar terasa cukup sampai kita sendiri yang mencukupkan diri dengan apa yang kita punya.


Youth, gaji memang adalah upah kita bekerja. Namun, jangan lupa, gaji juga adalah berkat Tuhan yang harus kita kelola dengan bijaksana dan bertanggung jawab. Gaji ada untuk kebaikan diri kita baik di masa sekarang maupun di masa mendatang. Jangan mengikuti jejak banyak orang yang tidak tahu gajinya habis entah ke mana. Alih-alih menikmati hidup, mereka memuaskan keinginan diri yang tidak pernah ada akhirnya dan yang tidak memberikan kebaikan bagi diri mereka sendiri. Kini saatnya memperbaiki pola pengelolaan gaji kita. Pikirkan apa yang menjadi kebutuhan atau sekadar keinginan. Juga menabunglah dan berbagi untuk memberkati orang lain.


1. Mengapa penting untuk belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan?

2. Digunakan untuk apa saja gaji Anda selama ini?


Pokok Doa: Bertanggung jawab mengelola berkat Tuhan.


Bahan: Youth for Christ, YKB Sinode GKI

KEGIATAN RUTIN PEMUDA

☐ Latihan Vocal Group Pemuda, V4J: Minggu, pk. 19.00 dan Rabu, pk.18.30

☐ Persekutuan Pemuda tiap Jumat pk 18.30

Ibadah PEMUDA & REMAJA IGNITE GKI
Minggu 28 Juni 2020
YOUTH CHRISTIAN SONGS
Worship song