RENUNGAN HARIAN PEMUDA
" BERJUMPA DENGAN TUHAN "

Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”
(Yoh. 20:28)

Mari bayangkan diri kita sebagai murid Tuhan Yesus yang disanggah oleh Tomas. Bagaimana perasaan kita? Ketika kesaksian kita tentang pengalaman berjumpa dengan Tuhan Yesus diragukan, pasti ada rasa kesal yang membuncah dalam dada kita. Masalahnya, kita bisa saja dianggap bohong! “Mana mungkin orang yang sudah mati bangkit lagi?” Padahal, kita jelas-jelas melihat sendiri Yesus hadir di tengah-tengah murid yang sedang berkumpul dalam ruangan dengan pintu yang terkunci. Suasana yang sangat menegangkan!


Tomas tidak percaya, bukan sekadar karena meragukan cerita teman-temannya yang lain. Bagi Tomas, penting untuk mengalami sendiri perjumpaan dengan Tuhan Yesus. Baginya, penting untuk merasakan jarinya menyentuh luka di tangan dan lambung Tuhan Yesus. Tomas menghargai pengalaman. Imannya dibangun dari pengalaman demi pengalaman. Maka, terjadilah seperti yang diimaninya. Tuhan Yesus menjumpainya. Ia berkenan untuk disentuh oleh Tomas. Pengakuan iman yang pertama pun bergaung, “Ya Tuhanku dan Allahku!” Pengalaman menyentuh Tuhan Yesus mengokohkan iman percayanya. Tomas perlu sebuah pengalaman untuk mengokohkan imannya.


Cara Tomas beriman berbeda dengan murid-murid yang lain. Namun, Tuhan tidak pernah menyalahkannya. Itu berarti cara orang untuk mengimani dan mengalami Tuhan tidak sama. Oleh sebab itu, jangan menghakimi orang lain yang memiliki cara yang berbeda saat merasakan kehadiran Tuhan. Hanya dengan demikian, komunitas kita sungguh-sungguh menjadi wadah yang nyaman untuk berjumpa dengan Tuhan karena tidak ada penghakiman di dalamnya.


1. Apa yang membuat Tomas mengucapkan pengakuan imannya?
2. Saat kapan kita merasakan Tuhan menjumpai dan menyapa kita?


Pokok Doa: Gereja menjadi wadah yang nyaman untuk berjumpa Tuhan.


Bahan: Youth for Christ, YKB Sinode GKI

KEGIATAN RUTIN PEMUDA

☐ Latihan Vocal Group Pemuda, V4J: Minggu, pk. 19.00 dan Rabu, pk.18.30

☐ Persekutuan Pemuda tiap Jumat pk 18.30


" Dengarkanlah, hai anak-anak, didikan seorang ayah, dan perhatikanlah supaya engkau beroleh pengertian,... " ( Amsal 4:1)

Ibadah PEMUDA & REMAJA IGNITE GKI
Minggu 28 Maret 2021
YOUTH CHRISTIAN SONGS
Worship song