RENUNGAN PEMUDA
CEPAT LAKUKAN!

… supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetap menurut kehendak Allah.

(1Pet. 4:2)


“Waktu tidak dapat diputar ulang.” Kalimat ini cukup sering kita dengar. Kalimat ini hendak menyatakan betapa pentingnya waktu dan kesempatan yang kita miliki; setiap menit dan detik yang kita lewati, sangatlah penting dan berarti. Menurut seorang dokter spesialis okupasi, dr. Raymos Hutapea, jika seseorang mendadak tidak sadarkan diri, 4 menit pertama menjadi waktu yang paling menentukan dalam hidup orang tersebut.


Perikop 1 Petrus 4:1-6 merupakan bagian dari surat Rasul Petrus yang pertama dalam Perjanjian Baru. Rasul Petrus memberikan pengajaran bahwa sebagai orang percaya, kita tidak lepas dari penderitaan. Segala kesukaran yang terjadi dalam hidup, tak jarang membuat kita menyerah dan akhirnya jatuh dalam dosa. Banyak orang merasa masih muda, masih punya banyak waktu. Dengan alasan itu, maka di dalam menjalani kehidupan sehari-hari, mereka berkompromi dengan dosa. Petrus mengingatkan orang percaya untuk segera berbalik. Kata “waktu yang sisa” menunjuk kepada waktu yang mendesak agar orang-orang tidak menunda untuk bertobat atau berbalik mengaku dosa mereka. Mengutamakan kehendak Allah itulah yang seharusnya kita lakukan sebagai orang percaya.


Youth, tentu ada banyak hal yang terjadi dalam hidup kita, bahkan penderitaan pun menjadi realitas yang pasti kita hadapi. Jangan pernah menyerah dan jatuh dalam dosa. Pergunakan waktu dan kesempatan yang masih kita miliki untuk segera berbalik pada-Nya. Waktu tidak dapat diputar. Jangan sampai kita menyesal!


1. Apa saja bentuk keinginan manusia yang dimaksud dalam ayat 2?

2. Bagaimana sikap hidup kita selama ini?


Pokok Doa: Mampu menjalani hidup menurut kehendak Allah.


Bahan: Youth for Christ, YKB Sinode GKI

KEGIATAN RUTIN PEMUDA

☐ Latihan Vocal Group Pemuda, V4J: Minggu, pk. 19.00 dan Rabu, pk.18.30

☐ Persekutuan Pemuda tiap Jumat pk 18.30