RENUNGAN HARIAN PEMUDA
" LEGITIMASI DARI TUHAN "

“Bukan demikian hamba-Ku Musa, seorang yang setia …. Berhadap-hadapan Aku berbicara dengan dia, terus terang, bukan dengan tekateki, dan ia memandang rupa TUHAN.”

(Bil. 12:7-8)

Legitimasi adalah keterangan yang berisi pernyataan yang membenarkan dan mengesahkan keberadaan seseorang sebagaimana disebutkan dalam keterangan yang dinyatakan. Orangorang yang memiliki legitimasi secara sah harus diakui dan diterima otoritas dan kewenangannya sebagaimana mestinya.


Sebagai seorang pemimpin di tengah-tengah umat Israel, Musa pernah menghadapi situasi di mana orang-orang yang dipimpinnya meragukan otoritas dan wewenang yang dimilikinya. Orang-orang itu adalah Miryam dan Harun, orang terdekat Musa, yang dipilih Tuhan untuk menyertai dan mendampinginya. Namun, mereka malah mengatai Musa dan meremehkan dia. Dalam bacaan Alkitab hari ini disebutkan bahwa Musa adalah orang yang sangat lembut hatinya, lebih dari setiap manusia yang ada di muka bumi. Mengapa ada catatan seperti itu? Kemungkinan besar karena Musa tidak bertindak apa-apa terhadap orang-orang yang mengata-ngatai, mencela, dan meremehkan dirinya. Musa diam, tetapi Tuhan tidak. Tuhan mengenal Musa dengan baik. Ia menyebut Musa sebagai hamba-Nya yang setia dan istimewa. Hanya Musa yang diizinkan Tuhan memandang kemuliaan-Nya ketika berbicara dengan Tuhan.


Youth, Musa tidak perlu membela dirinya untuk mempertahankan otoritas dan wewenangnya. Tuhan sendiri yang angkat suara memberikan legitimasi itu kepadanya. Oleh karena itu, jangan takut pada orang yang meragukan atau ingin menggoyahkan otoritas dan wewenang yang diberikan Tuhan kepada kita. Selama kita setia melakukan kehendak-Nya, Tuhan sendiri yang akan memberi legitimasi dan meneguhkan otoritas serta wibawa kita.


1. Mengapa Tuhan marah terhadap Miryam dan Harun?

2. Bagaimana Anda menghadapi orang yang meragukan diri Anda?


Pokok Doa: Para pemimpin agar mendapat legitimasi dari Tuhan.


Bahan: Youth for Christ, YKB Sinode GKI

KEGIATAN RUTIN PEMUDA

☐ Latihan Vocal Group Pemuda, V4J: Minggu, pk. 19.00 dan Rabu, pk.18.30

☐ Persekutuan Pemuda tiap Jumat pk 18.30


" Dengarkanlah, hai anak-anak, didikan seorang ayah, dan perhatikanlah supaya engkau beroleh pengertian,... " ( Amsal 4:1)

Ibadah PEMUDA & REMAJA IGNITE GKI
Minggu 11 Oktober 2020
YOUTH CHRISTIAN SONGS
Worship song