Beranda Tentang GKI Pasteur

Pembinaan Jemaat

Kontemplasi Warta Jemaat

Hubungi Kami

Login
     

 


Mengapa kita membutuhkan Juruselamat?

Saat ini kita semakin dekat dengan Natal, kita perlu mengingat bahwa kita merayakannya lebih dari sekedar kelahiran Juruselamat kita. Kristus datang ke dunia ini untuk menebus kita dan menyelamatkan kita. Tapi dari apa?

Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. (Roma 5:12)

Kristus datang ke dunia untuk menebus dan menyelamatkan kita dari dosa. Dosa kita, yang pasti lahir melalui pikiran dan niat (Yakobus 1:14-15), datang begitu alami karena sifat berdosa (Roma 7:14-25) kita warisi dari ayah kita Adam yang tidak mentaati Allah dan makan buah terlarang (Kejadian 3). Dosa, yang telah membawa pemisahan dari Allah dengan semua manusia baik fisik dan rohani (Kejadian 2:17). Dosa, yang layak mati dihadapan Allah yang suci dan benar. Dosa, layak mendapat murka dan hukuman Allah , yang kita tidak bisa mengatasi sendiri masalah kita seberapa besar pun upaya kita mencoba.

Kita sering melupakan begitu dalamnya perpisahan kita dari Allah karena dosa kita. Terlalu sering kita abaikan bahwa dosa masih dosa, tidak peduli seberapa kecil atau besar kita berpikir itu. Setiap hari, kita perlu mengakui bahwa hanya Juruselamat Yesus Kristus yang dapat menjembatani kesenjangan kita dengan NYA. Kita membutuhkan seorang Juruselamat karena kita semua adalah orang berdosa dan pantas dihukum. Setiap hari kita perlu bertobat dari dosa-dosa kita, bahkan dosa-dosa yang tersembunyi, dosa rasa khawatir, marah yang tidak benar, gosip, mabuk, pikiran penuh nafsu dan kotor, dan banyak dosa lainnya.

Mari kita ingat untuk merayakan bahwa Kristus telah datang ke dunia, tidak hanya saat Natal, tetapi sepanjang tahun. Ketika kita melupakan kebenaran, kita jatuh ke dalam dosa karena berpusat pada keinginan kita sendiri. Kita dipanggil untuk menjadi umat yang kudus dan untuk berbalik dari dosa setiap hari. Biarkan kerendahan hati dari pertobatan kita mengarah pada perayaan sukacita kita dalam kelahiran Tuhan dan Juruselamat kita.

Tidak hanya Natal perayaan kelahiran Juruselamat kita, tetapi juga harus menjadi pengingat betapa dalamnya perpisahan kita dari Allah karena dosa kita. Karena dosa kitalah Kristus datang ke dunia. Dia adalah sepenuhnya Allah dan sepenuhnya manusia, Penebus kita, terang dunia yang mengundurkan diri ke dalam kegelapan karena dosa kita. Natal adalah tentang harapan yang diberikan kepada kita oleh Yesus melalui kebebasan kita dari dosa dan pengampunan dari hukuman yang layak kita terima.

Natal merupakan suatu langkah lainnya dalam pemenuhan janji Allah. Kita harus mengakui bahwa kita membutuhkan Juruselamat, karena keadaan kita yang berdosa. Kita harus berdoa, bertobat dan mengakui dosa-dosa dan kekurangan kita kepada Allah yang kudus dan benar.

David Wright

 

 

 

 

 


Ev. Billy Graham

 

Copyright © 2016 Gereja Kristen Indonesia GKI Pasteur Bandung