Pengumuman GKI PASTEUR Bandung

Majelis Jemaat (MJ) GKI Pasteur Bandung masih meniadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang di Gedung Gereja selama bulan September 2021. Jemaat dan simpatisan dapat menginfokan nomor WA nya ke kantor Gereja atau MJ agar bisa mendapat informasi terbaru dan layanan melalui media online dari MJ dan Pengerja. Kebaktian Umum, Pemuda, Remaja, Sekolah Minggu, Pos Ciumbuleuit, serta kegiatan di luar hari Minggu, selama bulan September 2021 dilaksanakan secara Online.

Kebaktian Umum
Minggu, 19 September 2021
Kebaktian Remaja & Pemuda
Minggu, 19 September 2021
Kebaktian SM Kelas Tengah
Minggu, 19 September 2021
Kebaktian SM Kelas Kecil
Minggu, 29 Agustus 2021
Kebaktian SM Kelas Balita
Minggu, 12 September 2021
Kebaktian SM Kelas Batita
Minggu, 12 September 2021
Renungan Harian
" MENCARI HORMAT? NO! "

Kata-Nya kepada mereka: “Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya.”
(Mrk. 9:35)


Menjabat berarti memegang jabatan atau menjadi pejabat. Ini sebuah prestise yang dicari banyak orang. Menjadi pejabat seolah-olah akan meningkatkan harga diri, sehingga akan dihormati oleh banyak orang. Karena itu, ada banyak orang yang menghalalkan berbagai cara demi mendapatkan sebuah jabatan.


Yesus Kristus dalam pengajaran dan karya-Nya memperlihatkan hal yang sebaliknya. Jabatan bukanlah sebuah posisi yang mesti ditinggi-tinggikan dan dikejar, melainkan sebuah fungsi untuk melayani. Bahkan, dengan tegas Ia berkata kepada para murid-Nya—yang bertengkar tentang siapa yang terbesar di antara mereka—untuk menjadi yang terakhir, jika mau menjadi yang terdahulu. Artinya, soalnya bukan pada siapa yang lebih besar, tetapi perbuatan apa yang bisa dilakukan untuk sesama. Berbuat lebih berarti dari sekadar menjabat. Bahkan, Ia mengajarkan mereka untuk tidak asal berbuat atau melayani, tetapi melayani dengan tulus dan kerendahan hati. Motifnya bukan untuk mencari hormat, tetapi semata-mata karena kasih.


Apa yang diajarkan Yesus itu penting untuk dihayati dan dilakukan dalam konteks hidup dewasa ini, ketika banyak orang hanya mengejar jabatan dan mencari hormat. Jika kita mendapatkan kepercayaan menjabat, maka jabatan itu menjadi amanat untuk melayani. Namun, jika kita tidak memiliki jabatan apa pun, kita tetap bisa melayani. Sebab, melayani itu berarti berbuat bagi sesama dengan tulus dan rendah hati.


REFLEKSI

Berbuat sesuatu yang berarti bagi sesama tak perlu karena jabatan atau upah, sebab kesempatan itu sudah merupakan upah yang manis.
Ams. 31:10-31; Mzm. 1; Yak. 3:13—4:3, 7-8a; Mrk. 9:30-37


Bahan: Wasiat, YKB Sinode GKI

Renungan Harian Anak
" TUGAS KHUSUS SAULUS DAN BARNABAS "

Sepulang sekolah, Herman bertanya kepada Didi, apakah Didi mau ikut main bola sore ini. Didi berkata, tidak. Herman menjadi jengkel. “Maaf, Herman, aku tidak bisa ikut. Aku mendapat tugas khusus dalam ibadah besok, sehingga aku harus latihan sore ini di gereja,” kata Didi.

Baca selengkapnya
Renungan Harian Remaja
" Bullying "

“Ndut, mau ke mana? Tambah gendut aja lo, makan melulu, sih!” “Aduh, si item lewat!” “Bol… Cebol, punya badan pendek banget!” Kamu pernah nggak mendengar, memanggil, atau dipanggil dengan julukan- julukan seperti itu? Gendut, kurus, keriting, jelek, si tonggos, dan berbagai julukan lainnya. Apa yang kamu rasakan ketika memanggil temanmu dengan julukan itu? Mungkin, kamu merasa baik-baik saja dengan menyebut mereka demikian. Ketika mereka marah, mungkin kamu akan berkata, “Yaelah becanda doang, kok! Dasar baper! Udahlah, jangan lebay!” Mungkin juga kamu berkata, “Orangnya juga nggak marah kok, dipanggil dengan julukan seperti itu!” Apa pun alasannya, ...

Baca selengkapnya
Renungan Harian Pemuda
" MENCARI POPULARITAS? "

Permasalahan ekonomi akan dapat diatasi bila orang-orang hidup memberi bagi sesama dan bukan untuk memperoleh sesuatu bagi dirinya sendiri. Permasalahan politik akan dapat diatasi jika tujuan setiap orang adalah untuk melayani negara dan bukan untuk meningkatkan prestise diri sendiri. Perpecahan dan perselisihan yang mengoyak-ngoyak gereja pun tidak perlu terjadi apabila keinginan satu-satunya dari semua pejabat dan anggota gereja hanyalah melayani Tuhan.

Baca selengkapnya
Renungan Harian Lanjut Usia
" TUHAN YANG KUKENAL "

Siapa yang mau mengalami sakit atau penderitaan lainnya? Pasti jawabannya tidak ada yang mau. Namun, teman dekat saya yang mengalami sakit kanker payudara mengatakan bahwa sakit yang dia alami adalah anugerah. Sebab, justru setelah ia mengalami sendiri segala penderitaannya, ia semakin mengenal Tuhan lebih dekat. Ia semakin bergantung kepada Tuhan untuk mendapatkan kekuatan dan semangat berjuang menghadapi sakit, operasi, kemoterapi, dan sebagainya. Ia tidak pernah menyalahkan Tuhan, namun ia bersyukur karena kedekatannya dengan Tuhan menjadi sumber kekuatan baginya untuk menjalani kehidupannya.

Baca selengkapnya
BERITA KITA
Pelayanan pengobatan bagi masyarakat sekitar gereja

23 Februari 2020

GKI Pasteur Bandung pada hari Minggu 23 Februari 2020 kembali memberikan pelayanan kesehatan kepada anggota jemaat dan masyarakat di lingkungan sekitar gereja. Pelayanan kesehatan berupa pengobatan gratis ini merupakan bagian dari kepedulian gereja terhadap masyarakat kurang mampu di sekitar gereja, dan juga merupakan pelayanan untuk anggota jemaat dan simpatisan.

Pelayanan pengobatan ini ...

Baca selengkapnya
Saya baru saja percaya kepada Yesus … bagaimana selanjutnya?

Saya baru saja percaya kepada Yesus … bagaimana selanjutnya?

Selamat ...! Anda baru saja mengambil keputusan yang mengubah hidupmu.

Mungkin sekarang Anda bertanya, “Bagaimana selanjutnya? Bagaimana saya mulai berjalan dengan Tuhan?” Lima langkah yang dijelaskan di sini memberi Anda petunjuk yang alkitabiah. Ketika dalam perjalanan spiritual ini, ada pertanyaan yang Anda miliki...

Baca selengkapnya